Minggu, 15 April 2012

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


Carl Ocab, Blogger Remaja Asal Filipina yang Mendunia Berkat Make Money Online

Posted: 13 Apr 2012 01:39 PM PDT

Apa kata kunci yang banyak dibidik orang? Salah satunya adalah make money online. Saking menggiurkannya, beberapa tahun lalu John Chow (salah satu blogger kondang dunia asal Kananda) membidik kata kunci tersebut.

Cara yang dilakukan John adalah dengan mengumumkan di blognya bahwa ia bersedia tukaran link dengan siapa saja asal link yang menuju blognya beranchor text make money online. Padahal sebelumnya, John tidak bersedia bertukaran link dengan siapa pun.

Pengumunan John Chow ini disambut baik oleh para pembacanya. Hasilnya, blogger yang kini tinggal di Amerika Seirkat itu memperoleh ratusan backlink dengan anchor text make money online. Bisa diduga, blognya John menempati nomor satu untuk kata kunci tersebut.

Ia pun dengan bangga menginformasikan di blognya: ” I am the number one for make money online”.

Rupanya Google tidak suka dengan cara yang dilakukan John Chow tersebut. Dalam pandangan mereka, John telah melakukan teknik negatif sehingga Google pun mendeindeks blognya John Chow dari hasil penelusuran.

Kasus ini menjadi perbincangan dunia sekitar lima tahun lalu. Saya pun mengamati kasus tersebut, dan tiga tahun lalu saya sesekali memantau perkembangan posisi Top 10 Google.com untuk kata kunci make money online.

Setelah tiga tahun berlalu, hari ini saya teringat kembali akan “keseksian” kata kunci tersebut. Apakah banyak perubahan di Top 10 Google dalam era Google Panda ini?

Saya pun mengetikkan kata kunci make money online di Google.com. Secara mengejutkan, nomor satu masih ditempati oleh carlocab.com. Ini artinya carlocab.com telah bertahan di nomor satu selama tiga tahun dan Google Panda tidak berpengaruh kepada blog tersebut.

make money online SERP

Walaupun tiga tahun lalu saya sering mengamati posisi Top 10 Google.com untuk kata kunci tersebut, namun saya tidak pernah membuka carlocab.com. Tapi hari ini berbeda, saya penasaran dan membuka carlocab.com untuk mengetahui siapa pemiliknya.

Awalnya saya menduga bahwa pemilik carlocab.com adalah sebuah agensi orang-orang AS. Ternyata, dugaan saya meleset. Pemiliknya adalah Carl Ocab, blogger remaja berusia 18 tahun asal Filipina. Wow…

Sekilas Carl Ocab

Carl OcabCarl Ocab membuat carlocab.com saat ia berusia 14 tahun. Sebelum ngeblog, ia rajin berinternet untuk main game online, chatting dengan teman-temannya, dan lain-lain yang tidak berkaitan dengan ngeblog. Khusus untuk game online, ia umumnya menghabiskan waktu lima jam memainkannya.

Suatu hari sang ayah menegurnya, dan teguran ini menyadarkan Carl akan kecanduan main game online. Seminggu kemudian, ia bertanya kepada ayahnya mengenai hal-hal apa saja yang lebih baik dilakukan saat berinternet. Ayahnya menyarankan ngeblog untuk mencari uang.

Ia pun membuat banyak blog di blogspot dan mengisinya dengan tulisan yang ia copas dari situs atau blog orang lain. Tak berapa lama ia pun memperoleh uang dari blog-blognya tersebut. Namun, Google menghapus semua blognya karena disinyalir spam.

Mendapati kenyataan ini, Carl bingung dan putus asa sehingga ia memutuskan meninggalkan dunia ngeblog dan menekuni hobi lamanya yaitu main musik.

Setelah beberapa bulan berlalu, ide ngeblog muncul lagi pada Carl. Kali ini bukan membuat blog copas, namun ia ingin membuat blog bertopik game online yang kontennya benar-benar yang ia tulis sendiri.

Ia pun meminta ayahnya untuk membelikan domain dan hosting. Jadilah carlocab.com yang isinya berupa game online. Beberapa bulan kemudian, Carl memperoleh sedikit uang dari blognya tersebut.

Babak baru

Carl mengubah topik blognya menjadi make money online with kidblogger. Tujuan utamanya adalah berbagi pengalaman yang ia peroleh dalam make money online. Ia pun mengoptimasi blognya untuk membidik kata kunci make money online.

Secara luar biasa, setahun kemudian blognya menempati nomor satu di Google.com untuk kata kunci tersebut. Babak baru pun di mulai di mana ia membuka iklan di blognya. Dari iklan-iklan tersebut, ia memperoleh empat digit dolar setiap bulannya.

Ternyata bukan hanya uang yang ia dapatkan, tetapi juga popularitas. Banyak blogger dunia yang mengakui kemampuan Carl karena mampu menjadi nomor satu untuk kata kunci make money online yang notabene banyak dibidik oleh orang.

Jack Humphrey dan Joel Christopher adalah contoh blogger kondang yang mengakui kemampuan Carl. Berikut adalah kutipan pernyataan Jack Humprey yang saya ambli dari blognya Carl.

I am playing the odds here. But, barring readers like Brian Clark, Andy Beard, Michel Fortin, or Dean Hunt, I am reasonably sure that this 14 year old kid from the Philippines blogs better than you do. Probably makes more money than you do too. Sad yet?

In fact, if you didn't know his age before you checked out his site, you'd never in a million years guess Carl Ocab was so young. He has better delivery than many people trying to make money blogging who are 3 times his age. He has a grasp of blog marketing that people doing this twice as long as him still haven't mastered!

Popularitasnya ternyata tidak hanya di dunia online. Di dunia offline, Carl diwawancarai koran setempat dan menjadi pembicara di beragam saresehan mengenai marketing dan blogging.

Pelajaran dari Carl Ocab

Carl Ocab telah menunjukkan kepada kita bahwa usia tidak menjadi patokan kesuksesan dalam dunia blogging. Dengan usia remaja, ia mampu dikenal dunia dan menjadi nomor satu untuk salah satu kata kunci yang paling banyak dibidik orang.

Selain itu, kesuksesan Carl membuktikan bahwa blogger Asia Tenggara bisa bersaing dengan blogger-blogger dari belahan dunia lain. Jadi, jangan takut bersaing dengan blogger/webmaster bule bila Anda ingin terjun di skala internasional.

Postingan Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar